Senin, 25 September 2017

Kapolri: Presiden Inginkan Sinergi Birokrasi

id Kapolrii, Presiden
Kapolri: Presiden Inginkan Sinergi Birokrasi
Presiden Joko Widodo. (Foto Antara)
Jakarta (Antara) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menanggapi baik atas Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo yang menginginkan sinergi dalam birokrasi yang tergolong sangat besar untuk Indonesia.

"Kita melihat pentingnya pembicaraan Bapak Presiden yang menyampaikan masalah sinergiitas," kata Tito menanggapi Pidato Kenegaraan oleh Presiden Jokowi di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa.

Sebagai negara yang luas dan besar, kata dia, membuat Indonesia juga memiliki skala birokrasi yang besar pula mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah.

Jika melihat di tingkat pusat saja, lanjut dia, banyak lembaga-lembaga dengan masing-masing memiliki tugasnya sendiri. Itu saja terbilang besar dan akan lebih besar lagi jika dirunut di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, Tito melihat birokrasi yang besar itu menjadi tantangan bagi pemerintah agar bisa ditata dengan baik menuju sinergi.

Dia membandingkan birokrasi yang baik tapi tergolong kecil seperti di Singapura. Kecilnya tingkat koordinasi dalam birokrasi di negara itu membuat kinerja mereka efektif.

Hal tersebut, kata dia, berbeda dengan Indonesia yang birokrasinya tersebar dengan masyarakatnya yang besar dengan 250 juta penduduk, tiga zona waktu, puluhan provinsi, ratusan kabupaten/ kota.

"Tidak gampang menurut saya. Jadi saya sependapat dengan pidato Pak Jokowi di era otonomi ini perlu ada koordinasi," katanya. ***4***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga