Senin, 25 September 2017

Semua Pabrik Beli Sawit Dengan Harga Tinggi

id Sawit
Semua Pabrik Beli Sawit Dengan Harga Tinggi
Pabrik sawit di Mukomuko. (Foto Berlian Genesis)
Mukomuko (Antara) - Semua pabrik di Kabupaten Mukomuki, Provinsi Bengkulu, membeli tandan buah segar kelapa sawit petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga ketentuan tim perumus komoditas perkebunan itu sebesar Rp1.322 per kilogram.

"Sebanyak delapan pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit di daerah ini. Semua pabrik ini membeli sawit petani dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga ketentuan tim," kata Kasi Budi Daya Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Rabu.

Tim perumus harga tandan buah segar kelapa sawit Pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkan harga jual tandan buah sawit di tingkat pabrik di daerah itu sebesar Rp1.332 per kilogram (kg).

Dari harga sebesar itu, pabrik di daerah itu diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli tandan buah segara kelapa sawit milik petani setempat.

Ia menyebutkan, harga sawit di pabrik PT MMIL sebesar Rp1.460 per kg, pabrik PT KAS naik sebesar Rp1.460 per kg, pabrik PT DDP Desa Lubuk Bento dan PT DDP Kecamatan Ipuh sebesar Rp1.460 per kg.

Kemudian harga sawit di pabrik PT SAP sebesar Rp1.490 per kg, di pabrik PT SSJA sebesar menjadi Rp1.375 per kg dan PT BMK sebesar Rp1.480 per kg.

Ia mengusulkan, harga sawit yang ditetapkan tim lebih tinggi dibandingkan dengan harga sawit di tingkat pabrik.

"Kita mengusulkan harga penetapan lebih tinggi. Karena harga tersebut sebagai pedoman bagi pabrik," ujarnya. ***3***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga