Berita Terkait
Padang (Antara) - Bank Mandiri wilayah Sumatera Barat (Sumbar) sudah mempersiapkan strategi sistem mobile ke lokasi-lokasi masyarakat yang melakukan pendaftaran atau pembayaran program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan di provinsi itu.

"Bank Mandiri di Sumbar sudah mempersiapkan langkah-langkah dalam memberi pelayanan pembayaran masyarakat saat mendaftar kepesertaan," kata Kepala Cabang Bank Mandiri Cabang Sudirman Padang Bustami di Padang, Minggu.

Dalam Pelaskanaan Program BPJS Kesehatan yang sudah dinyatakan pemerintah diterapkan mulai pada 1 Januari 2014, dengan menunjuk tiga bank (Mandiri, BRI dan BNI) untuk tempat penyetoran kepesertaan bagi masyarakat.

Bustami mengatakan upaya yang dipersiapkan untuk lebih mendekatkan pelayanan ke masyarakat dalam program BPJS tersebut, maka sistem Mandiri Mobile langkahnya lebih tepat dikerahkan ke pusat-pusat pendaftaran masyarakat.

Selama masyarakat masih ada mendaftar, maka Bank Mandiri akan parkir di lokasi tersebut, pelayanannya akan sama dengan di kantor cabang (ada konter dan ATM) yang sistemnya online.

"Mudah-mudahan tak mengecewakan dan menemukan kendala berarti bagi masyarakat, karena pelayanan Bank Mandiri full dan kantor cabang tersebar dimana-mana," katanya.

Bank Mandiri punya 13 cabang di wilayah Sumbar dan 13 unit kantor cabang mikro yang tersebar di kabupaten dan kota di provinsi itu.

Ia menjelaskan, secara channel Bank Mandiri sudah bisa lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dan bisa melalui internet Banking tentunya lewat cabang.

Menyinggung pembangunan outlet atau konter di rumah-rumah sakit, ia menyebutkan, bisa saja dilakukan tetapi untuk rencana pelayanan dalam jangka panjang.

Kemudian kalau animo masyarakat nantinya semakin meningkat, Bank Mandiri sudah punya komitmen membuka konter khusus untuk melayani BPJS dan kemungkinannya dipersiapkan di Cabang Sudirman Padang, agar lebih mudah masyarakat mencarinya.

"Kami juga akan melayani pembukaan konter di rumah-rumah sakit, jika ada permintaan dari pihak BPJS," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta bank-bank pemerintah yang dipercaya untuk sebagai pendamping pelaksanaan program BPJS, supaya memberi pelayanan dekat ke masyarakat.

Bahkan, kapan perlu sarannya dibuka konter bank-bank yang ditunjuk pada setiap rumah sakit, agar pelayanan lebih mudah dan cepat.

Irwan menyebutkan, apabila pelayanan penyetoran kepesertaan atau berobat sesuai standar yang ditetapkan, maka proses akan lambat, karena terlalu jauh jangkauan bank dari pusat pelayanan BPJS. (Antara)

Editor: Helti Marini S
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar